Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNIK ROLE PLAY PADA SISWA KELAS X SMA DWIJENDRA DENPASAR

Ni Putu Lindawati (Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia)
Fenny Sengkey (Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan teknik role play dapatmeningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Peneliti mengangkat peserta didik kelas X SMADwijendra Denpasar sebagai objek penelitian. Penelitian ini berfokus pada keterampilan berbicarakhususnya untuk meningkatkan kosa kata sehingga peserta didik mampu dan percaya diri berbicaradengan bahasa Inggris dengan menggunakan teknik role play yang diterapkan pada peserta didik.Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori behavioristik oleh J.B Skinner (1957),keterampilan berbicara oleh Harmer (1983) dan penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif(communicative Approach) yang bertujuan untuk menjadikan kompetensi komunikatif sebagai tujuanpengajaran bahasa serta untuk mengembangkan teknik-teknik pengajaran keterampilan bahasa.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus danpada setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Sebelum dilaksanakan pembelajaran, tes awal diberikan untuk mengetahui kemampuan awalpeserta didik dalam kemampuan berbicara sehingga nilai yang diperoleh pada tes awal dapatdibandingkan dengan siklus I dan II setelah diberikan pembelajaran. Hasil dari data kuantitatifmenunjukkan bahwa penggunaan teknik role play dapat meningkatkan kemampuan berbicara pesertadidik khususnya pada siswa kelas X SMA Dwijendra Denpasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil yangdiperoleh oleh peserta didik pada saat diberikan tes dan terjadi peningkatan selama teknik role playditerapkan. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada tes awal adalah 46.15% yang termasukpada kategori sangat kurang. Setelah diberikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata pesertadidik meningkat menjadi 70.82% dengan kategori baik.Pada siklus II nilai rata-rata peserta didikmeningkat menjadi 77% dan tetap berada dalam kategori baik.Aspek dari kemampuan berbicara yang dijadikan tolak ukur pada penelitian ini yaitu, kosakata,kelancaran, pelafalan tata bahasa, dan pemahaman. Penelitian ini juga didukung oleh datakualitatif.Dari hasil data kualitatif, terbukti bahwa peserta didik mampu berbicara dengan bahasaInggris ketika berdialog di depan kelas dengan lancar dan menggunakan susunan kalimat yang benarsesuai dengan tata bahasa. Selain itu, peserta didik juga mampu mengucapkan ide-ide yang adadalam pikiran mereka tanpa malu-malu atau takut salah dalam berbicara dengan rasa percaya diriyang mereka miliki.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

manajemen_pelayanan_hotel

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel (JMPH) is a journal that publishes results of tourism and hotel studies researches. All articles in JMPH have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. JMPH is published by Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia twice a year, June ...