Penelitian ini mengkaji tindak tutur dan prinsip kerjasama dalam komunikasi pada proses pembelajaran Bahasa Inggris Housekeeping pada mahasiswa Manajemen Akomodasi Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan tindak tutur dalam menciptakan komunikasi yang efektif dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris Profesi (2) Mendeskripsikan penerapan prinsip kerjasama dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris Profesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dengan mengkaji Lesson Plan ( Teaching-Learning Activity Plan ) Bahasa Inggris Profesi yang digunakan pada Jenjang Diploma III, Program Studi Perhotelan, Konsentrasi Manajemen Akomodasi Perhotelan, semester 3 di STIPAR Triatma Jaya, Badung. Dari temuan tersebut ditunjukkan bahwa penerapan tindak tutur dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris Profesi adalah berhubungan dengan konteks pembelajaran bahasa Inggris Profesi tersebut yaitu: (1) tujuan pembelajaran adalah mahasiswa dapat menerapkan ekspresi maupun ujaran-ujaran pada departemen tata graha ; (2) Terdapat tiga tahap aktivitas yang harus dilakukan yaitu (a) pre-activities, (b) whilst-activities, (c) post-activities; (3) metode pembelajaran yang digunakan ( a ) deductive method (b) working group and role play (c) discussion (d) reinforcement.; (4) metode evaluasi dengan Psychomotor / product Assessment.; (5) media yang digunakan media audia visual, media dalam metode sibernetik dan alat-alat yang digunakan oleh seorang telephone operator. Sedangkan penerapan prinsip kerjasama ditemukan penerapan (1) maksim kualitas (the maxim of quality) (2) maksim kuantitas (the maxim of quality): (3) maksim hubungan (the maxim of relevance), (4) maksim tata cara (the maxim of manner). Hasil analisis menunjukkan fungsi tindak tutur dan penerapan prinsip kerjasama pada pembelajaran Bahasa Inggris Profesi berperanan kompetitif dan menyenangkan.
Copyrights © 2018