Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran jigsaw pada Mata Pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa IPS Kelas X di SMA Budhi Warman II Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 3 di SMA Budhi Warman II. Sehingga dari 115 siswa kelas X IPS, peneliti mengambil 75 siswa untuk dijadikan sampel dari dua kelas. Di kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa akan diberikan materi dengan model pembelajaran jigsaw sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa akan diberikan materi dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian lapangan adalah observasi, tes yang berisi pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengukuran, kecerdasan, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok, dan penelitian perpustakaan, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari 8 pertanyaan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, termasuk mean, mode median, varians, dan standar deviasi dan pengujian hipotesis. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw pada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS dan dari hasil persepsi siswa pada lembar pernyataan persepsi siswa di kelas X IPS yang mengekspresikan menyukai metode pembelajaran jigsaw dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Budhi Warman II, Jakarta Timur 2019/2020 Tahun Akademik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019