Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan proses penerapan metode bercocok tanam dalam upaya meningkatkan kecerdasan naturalis untuk anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada 17 siswa di KB TK Asaloka di Jakarta Barat, dari bulan April hingga Mei 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tindakan dalam setiap siklus penelitian tindakan kelas memperoleh peningkatan kecerdasan naturalis anak-anak dari awal tindakan pra-siklus dengan perolehan nilai rata-rata adalah 1,3, atau 32% jika pada nilai persentase. Siklus 1 mendapatkan perolehan nilai rata-rata 2,6, atau 62% jika berdasarkan nilai persentase. Kemudian, siklus 2 dengan perolehan nilai rata-rata adalah 3,7, atau sama dengan 92% pada nilai persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bercocok tanam efektif dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak-anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019