Salah satu cara kontraktor kecil untuk meningkatkan mutu perusahaannya adalah dengan menerapkanprinsip-prinsip yang ada di Total Quality Management (TQM). TQM adalah sistem manajemen yangmengangkat mutu sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkanseluruh anggota perusahaan (Suardi, 2004). Prinsip-prinsip yang ada dalam TQM yaitu : kepemimpinan,kebijakan dan strategi, komitmen, MSDM, Manajemen Sumber Daya, Manajemen Proses, QualityAwareness, Kerjasama, Kapasitas untuk berubah dan Pembelajaran (Gaspersz, 2005). Metode analisis yangpenulis gunakan adalah metode Servqual yang telah dipergunakan pada berbagai bidang kajian karena tingkatvaliditas dan reliabilitasnya tinggi, memperlihatkan secara sistematis dan urutan prioritas perbaikan kualitasmutu.Hasil penelitian ini didapatkan beberapa hal berikut, tingkat kepuasan berada diantara 80 - 100 artinyakepuasan tinggi, yaitu rata-rata sebesar 80,51. Elemen TQM yang perlu ditingkatkan dalam penerapannyaadalah : teknologi terbaru yang digunakan dalam pelaksanaan proyek, teknologi informasi memberikankemudahan kepada pekerja dalam bekerja, pimpinan perusahaan mau menerima pendapat dari bawahan,cukupnya waktu penyelesaian pekerjaan supaya hasil pekerjaan memuaskan, pimpinan perusahaanmemberikan bimbingan kepada para pekerjanya, dan menyediakan pelatihan bagi tenaga kerja. Elemen TQMlain masuk dalam kategori elemen yang sudah diterapkan dengan baik dan ada beberapa yang dianggapelemen pendukung sehingga belum menjadi prioritas untuk melakukan peningkatan secara langsung.
Copyrights © 2018