Pembelajaran kimia yang pasif, monoton dan motivasi siswa rendah menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Hasil ulangan harian siswa menunjukkan bahwa hanya beberapa siswa saja yang mencapai ketuntasan. Salah satu penyebabnya adalah guru masih menggunakan metode dan model konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan perbaikan proses pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numberred Head Together). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Ikatan Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada SMA N 1 Bantan kelas X pada tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar kimia siswa meningkat. Pada siklus I ketuntasan individu siswa sebanyak 16 (59,3%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 (40,7%). Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, ketuntasan individu meningkat menjadi 21 (77,7%) siswa yang tuntas dan sebanyak 6 (22,3%) siswa yang tidak tuntas, mengalami peningkatan 18,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa pada materi Ikatan Kimia.
Copyrights © 2018