Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 3, No 2 (2018)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA DI SMA NEGERI 3 BUKIT BATU

Agustini Agustini (SMA Negeri 2 Bantan Jl. Budi Luhur Sukamaju Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau)
Yandriani Yandriani (SMA Negeri 1 Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Bukit Batu saat ini kurang memuaskan. Karena masih banyak masalah yang mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Pembelajaran kurang menarik minat siswa sehingga siswa mudah bosan dan kurang aktif; dan prestasi belajar siswa rendah. Peneliti memilih metode tutor teman sebaya dalam proses belajar agar dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif. Sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Kimia. Metode tutor teman sebaya dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan diskusi kelompok guna menyelesaikan persoalan yang diberikan guru dan presentasi dari masing-masing kelompok  pada setiap pertemuan. Beberapa siswa pintar dipilih untuk menjadi tutor didsalam kelompoknya masing- masing. Dengan demikian pembelajaran Kimia tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru tetapi menyangkut kegiatan diskusi serta latihan soal di setiap pertemuan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukit Batu Tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 20 orang. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode tutor teman sebaya pada materi Redoks di kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yang diindikasikan dengan adanya peningkatan dalam ulangan harian siswa, kerjasama antar kelompok, dan rasa tanggung jawab terhadap tugas- tugas yang diberikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...