Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 15, No 1 (2018)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN MELALUI FISHING GAME DI TK AL-HIDAYAH GARUT

Indriyani, Deulis (Unknown)
Rachmawati, Yeni (Unknown)
Gustiana, Asep Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

Penelitiana ini dilakukan berdasarka hasil temuan masalah yang berkaitan dengan pemahaman lambang bilangan pada anak kelas A TK Al-Hidayah Garut. Permasalahan tersebut adalah pemahaman lambang bilangannya masih rendah, sebagian anak hanya mampu menyebutkan urutan bilangan, namun hanya sebatas menyebutkan urutan bilangan saja tanpa menghubungkan dengan benda-benda kongkrit sehingga tidak diikuti oleh kesadaran kuantitas benda. Selain itu anak belum mampu ketika anak diminta untuk membuat dan membedakan dua kumpulan benda yang jumlahnya sama ataupun tidak sama. Setelah dianalisis pembelajaran yang dilakukan dalam meningkatkan pemahaman lambang bilangan adalah menggunakan paper-pencil, sehingga kemampuan anak dalam berpikir kongkrit/rill tidak terstimulus dengan baik. Oleh karena itu, diperlukannya suatu media yang dapat mengembangkan pemahaman lambang bilangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan media fishing game yang dapat meningkatkan pemahaman lambang bilangan pada anak kelas A TK Al-Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif antara guru kelas dengan peneliti di TK Al-Hidayah dengan partisipan sebanyak 13 anak. Hasil penelitian diperoleh meningkat dengan signifikan dengan perbaikan yang terlihat dari kriteria baik (B) pada  prasiklus sebesar 23,07%, Siklus I sebesar 53,84%, dan siklus II sebesar 76,96%. Berdasarkan data tersebut terbukti bahwa pemahaman lambang bilangan anak terus meningkat setelah dilakukannya pembelajaran dengan fishing game. Sehingga penelitian ini diberhentikan sampai siklus II. Rekomendasi dari penelitian ini bahwa penggunaan media fishing game adalah media yang sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak kelas A.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...