JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 2, No 1 (2014): June 2014

Model Fraction Circle untuk Mendorong Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Penjumlahan Pecahan

Renny Sendra Wahyuni (Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI)
Darmawijoyo Darmawijoyo (Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI)
Yusuf Hartono (Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa tentang operasi penjumlahan pecahan dengan model fraction circle melalui pembelajaran PMRI dan (2) mendeskripsikan lintasan belajar siswa dalam mempelajari konsep operasi penjumlahan pecahan menggunakan model fraction circle. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD N 146 Palembang. Metode penelitian ini adalah design research melalui tahap-tahap: preparing for the experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model fraction circle membantu siswa memahami konsep operasi penjumlahan pecahan melalui pembelajaran PMRI. (2) Lintasan belajar yang digunakan siswa adalah menggunakan tahap informal ke tahap formal. Pada tahap informal, siswa menggunakan konteks kue manipulatif yang dipartisi menjadi beberapa bagian sama besar sehingga membentuk model fraction circle. Selanjutnya, siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan fraction circle sebagai model of menuju model for, yaitu membuat gambar fraction circle. Di tahap formal, siswa menyelesaikan operasi penjumlahan pecahan tanpa menggunakan model fraction circle.Kata kunci: pecahan, fraction circle, design research, PMRI

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...