JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XIV

Sikap Siswa SMP Terhadap Matematika Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended

Hartanto Hartanto (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2010

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui sikap siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended (POE) dan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Penelitian eksperimen dirancang menggunakan two groups pretest-post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Kulon Progo, DIY. Pada SMP kategori sedang, dipilih secara acak sebanyak dua sekolah sebagai sampel kemudian masing-masing dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Pendekatan Open-Ended (POE), dan kelas kontrol menggunakan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan POE secara signifikan memiliki sikap yang lebih positif terhadap matematika dibanding siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Pendekatan pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa tidak berinteraksi secara nyata bagi sikap siswa terhadap matematika.Kata kunci: pendekatan open-ended, sikap terhadap matematika

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...