COPE
Vol 21, No 2: November 2017

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA 3 BANTUL

Widyastuti, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dan (2) meningkatkan penguasaan konsep biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk memberikan makna keberhasilan digunakan kriteria relatif yaitu apabila setelah penerapan pembelajaran hasil penilaian aktivitas siswa menunjukkan katagori tinggi,serta ≥85 % dari jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar ≥75 %. Hasil penelitian menunjukkan secara nyata bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation mampu (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, 2) meningkatkan penguasaan konsep biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, ini ditunjukkan dengan peningkatan rerata nilai dari 51,56sebelum tindakan menjadi 69,38 pada siklus 1 dan 80,38 pada siklus 2

Copyrights © 2017