Jurnal Ilmiah WUNY
Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah WUNY

STORY TELLING SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN DI DAERAH 3T

Siti Khanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Tujuan penulisan ini paper yaitu: menganalisis peranan story telling dalam pendidikan karakter kebangsaan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil), hambatan penerapan story telling, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penerapan story telling di daerah 3T, khususnya di SD Negeri 249 Halmahera Selatan. Metode penelitian yaitu kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan lokasi penelitian SD Negeri 249 Halmahera Selatan. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru SD Negeri 249 Halmahera Selatan. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, wawancara, dan pengamatan. Analisis data dengan mengorganisasikan, meredukssi data, dan menyajikan dalam pembahasan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peranan story telling dalam pendidikan karakter kebangsaan sebagai media pembelajaran yang dilakukan di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran. (2) Hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan story telling sebagai media pendidikan karakter kebangsaan yaitu kompetensi guru terkait dengan keterbatasan pengetahuan guru akan biografi para pahlawan. Faktor eksternal terkait dengan keterbatasan akses informasi dan belum ada standar evaluasi ketercapaian pembentukan karakter kebangsaan. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu guru menggunakan cerita yang bervariatif tidak selalu kisah tokoh pahlawan atau legenda, akan tetapi tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, penyediaan buku bacaan. Student center dengan memberikan kesempatan peserta didik bercerita sehingga story telling tidak berpusat pada guru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...