Jurnal Ilmiah WUNY
Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah WUNY

ANALISIS MINAT BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Susi Anggorowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar kimia peserta didik kelas XII di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif . Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dari kelas yang berbeda, sebanyak 123 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup sebanyak 30 item dengan empat alternatif pilihan. Aspek minat yang dikaji ada lima, yaitu peran guru, persepsi, kesenangan, kemauan dan penunjang UN pilihan. Data minat siswa dianalisis dan dikategorikan secara kuantitatif berdasarkan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3% peserta didik mempunyai minat belajar kimia sangat tinggi, 63% tinggi, 32% sedang dan 2% rendah. Sedangkan peran guru menjadi aspek yang paling tinggi yaitu sebanyak 78%, disusul aspek kemauan dan kesenangan yang mempunyai persentase yang sama yaitu 75%. Selanjutnya aspek persepsi dengan perolehan 70%, dan yang terendah adalah aspek penunjang UN pilihan sebanyak 69%. Meskipun dari hasil penelitian secara umum minat belajar kimia peserta didik kelas XII SMA Negeri 6 Yogyakarta dalam kategori tinggi, namun masih perlu ditingkatkan lagi sesuai dengan aspek yang mempengaruhinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...