Salah satu elemen utama dalam pembelajaran yang mengacu pada Kurikulum 2013 adalah adanya penilaian kompetensi keterampilandi setiap mata pelajaran. Penilaian kompetensi kerterampilan ini dapatdilakukan melalui tes praktik, proyek, dan penilaian portofolio. Praktikpembelajaran untuk kompetensi keterampilan dapat dilakukan denganberbagai model pembelajaran yang bersifat partisipatif, interaktif, sertamemberikan pengalaman belajar pada peserta didik secara riil. Inidikarenakan pembelajaran melalui kegiatan tes praktik, proyek, maupunportofolio mengharuskan peserta didik untuk terjun langsung dalamsituasi pembelajaran yang mampu menggali pengetahuan yang telahdiperoleh siswa ketika melaksanakan pembelajaran di kelas untukdiaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Dengan demikian,pel aksanaan pembel aj ar an yang mengacu pada kompet ensi keterampilan sebenarnya akan mampu menjangkau ranah pengetahuandan sikap peserta didik. Pembelajaran kompetensi keterampilan punmerupakan sarana yang dapat digunakan oleh guru maupun pihaksekolah untuk membangun dan menumbuhkan karakter mulia padapeserta didik. Secara khusus pembelajaran kompetensi keterampilandapat diarahkan untuk membangun budaya sekolah yang sadar akanpentingnya kepedulian terhadap lingkungan.
Copyrights © 2016