Jurnal Teknoin
Vol. 25 No. 2 (2019)

Desain Inovasi Sistem Pelayanan pada Bisnis Trasportasi dengan Metode Servqual dan Pendekatan TRIZ

Marulan Andivas (Universitas Islam Indonesia)
Winda Nur Cahyo (Universitas Islam Indonesia)
Agus Mansur (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2020

Abstract

Berkembangnya wisata Yogyakarta adalah penyebab semakin banyaknya pengusaha rental mobil. Wisatawan yang datang ke kota wisata (Yogyakarta) membutuhkan kendaraan pada saat berkunjung. Pada saat merental kendaraan, pelanggan merasakan keberatan untuk memenuhi persyaratan namun jika peryaratan dipermudah maka kemungkinan mobil hilang semakin besar. Pemilik rental tidak memiliki rasa paling percaya terhadap pelanggan. Metode service qulity (servqual) dan TRIZ digunakan untuk membantu mencarikan solusi pemecahan masalah, tools yang digunakan Function Analysis, root cause analysis, matriks kontradiksi. Ada 72 responden telah berpartisipasi untuk mengisi quisioner yang dibagikan. Atribut atribut yang dilakukan perbaikan adalah kebutuhan pelanggan, latar belakang pelanggan, kepuasan pelanggan.  Solusi yang dihasilkan oleh TRIZ adalah bagi peminjam mobil yang tidak memiliki persyaratan maka akan diwajibkan mendepositkan uang sebagai jaminan yang kemudian akan dikembalikan pada saat pengembalian mobil.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-teknoin

Publisher

Subject

Engineering Mechanical Engineering

Description

Teknoin memiliki komitmen untuk mempublikasikan topik-topik dalam bidang teknologi industri. Selain itu, dengan fitur jurnal open-access, diharapkan Teknoin dapat menjadi rujukan akademis tanpa batas baik untuk penelitian, pengajaran, maupun tujuan akademis ...