Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling

EFEKTITIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

., Ni Luh Putu Sri Eka Parwati (Unknown)
., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd (Unknown)
., Luh Putu Sri Lestari, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Konseling Behavioral dengan teknik Modeling untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 33 orang, dengan jumlah smapel sebanyak 6 orang, yang dipilih dengan Teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan teknik penelitian ini adalah metode kuesioner, teknik berlangsung dengan konseling kelompok. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling behavioral dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ,hal ini dapat dilihat dari analisis t-test yang menunjukkan nilai thitung>tabel(7,569>2,571) = 6 dengan taraf signifikansi 5%Kata Kunci : Konseling Behavioral dan Motivasi Belajar This research aims to know the effectiveness of Behavioral Counseling with techniques of Modeling to improve the motivation of Learning grade VIII SMP Negeri 1 Sukasada. This research is the research design Experimental research of pretest-posttest control group Design. The population in this research is grade VIII B SMP Negeri 1 Sukasada totalling 33 people, with the number of smapel as much as 6 people. Data collection methods used in this research is a method of questionnaire and tested using t-test statistic. The results showed that counselling techniques with behavioral modeling to improve the learning motivation of students, it can be seen from the analysis of the t-test that shows the value of the thitung > table (7,569 > 2.571 mg) = 6 with 5% significance levelkeyword : Behavioral Counseling and Learning Motivation

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...