Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 5, No 1 (2016): JIBK Special Issue

PENGARUH PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELING DAN PENGUATAN POSITIF TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 SINGARAJA

., I Nengah Lanus (Unknown)
., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS (Unknown)
., Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh pendekatan konseling behavioral dengan teknik modeling dan penguatan positif terhadap perilaku prososial siswa kelas X MIPA SMA N 4 Singaraja Singaraja (2) terdapat perbedaan perilaku prososial siswa kelas X MIPA SMA N 4 Singaraja antara sebelum dan sesudah perlakuan konseling behavioral teknik modeling, (3) terdapat perbedaan perilaku prososial siswa kelas X MIPA SMA N 4 Singaraja antara sebelum dan sesudah perlakuan konseling behavioral teknik penguatan positif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan kuesioner perilaku prososial. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kruskall wallis dan t-burney. Rancangan penelitian ini adalah pretest-posttest-control group design. Bedasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) pendekatan konseling behavioral teknik modeling dengan penguatan positif berpengaruh terhadap perilaku prososial, dilihat dari analisis H > X2kw (α) (k-1) (15,158 > 5,591) (2) perbadaan perilaku prososial siswa kelas X MIPA SMA N 4 Singaraja antara sebelum dan sesudah perlakuan konseling behavioral teknik modeling, dilihat dari analisis nilai thitung> ttabel (18,444 > 2,571) (3) perbedaan perilaku prososial siswa kelas X MIPA SMA N 4 Singaraja antara sebelum dan sesudah perlakuan konseling behavioral teknik penguatan positif, dilihat dari analisis nilai thitung> ttabel (5,888 > 2,571). Sehingga pendekatan konseling behavioral teknik modeling dan penguatan positif berpengaruh terhadap perilaku prososial siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016.Kata Kunci : Behavioral, Modeling, Penguatan Positif, Prososial This research was experimental research design which has purpose to know: (1) a significant effect of counseling behavioral approach modeling technique and positive reinforcements on students’ pro-social behavior in grade X of MIPA SMA N 4 Singaraja (2) a significant effect of counseling behavioral approach pretest and posttest modeling technique on students’ pro-social behavior in grade X of MIPA SMA N 4 Singaraja (3) a significant effect of counseling behavioral technique positive reinforcements on pretest and posttest on students’ pro-social in grade X of MIPA SMA N 4 Singaraja, students’ opinion. The population of this research was the students in grade X of MIPA SMA N 4 Singraja in academic years of 2015/2016. The process of collecting the data in this research use observation sheet, and questionnaire of pro-social behavior. The method used to analyze the data is kruskall wallis dan t-burney test. The design of this study was pretest-posttest-control group design. Based on the data analysis, which found (1) counseling behavioral approach modeling technique and the use of positive reinforcements has an effect on pro-social behavior, it can be seen on the value of H > X2kw (α) (k-1) (15,158 > 5,591) (2) counseling behavioral approach modeling technique after and before treatment has an effect on pro-social behavior, it can be seen on the value of thitung> ttabel (18,444 > 2,571) (3) counseling behavioral approach with positive pretest and posttest technique before and after treatment has an effect on pro-social behavior, it can be seen on the value of thitung> ttabel (5,885 > 2,571). This analysis showed that the hypothesis was acceptable. So, it can be concluded that counseling behavioral modeling technique and positive reinforcements approach has an effect on students’ pro-social behavior in grade X of SMA N 4 Singaraja in academic years of 2015/2016keyword : Behavioral, Modeling, Positive reinforcement, Pro-social

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...