Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 5, No 1 (2016): JIBK Special Issue

EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X BB SMA NEGERI 4 SINGARAJA

., Ni Luh Novi Mustiarini (Unknown)
., Prof. Dr. Nyoman Dantes (Unknown)
., Luh Putu Sri Lestari, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh konseling behavioral dengan strategi self management terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X BB SMA N 4 Singaraja (2) Apakah terdapat pengaruh konseling behavioral dengan teknik penguatan positif terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X BB SMA N 4 Singaraja, (3 Bagaimanakah efektivitas konseling behavioral dengan strategi self management dan teknik penguatan positif terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X BB SMA N 4 Singaraja. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X BB SMA N 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan kuesioner kecerdasan emosional. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kruskall wallis dan t-burney. Rancangan penelitian ini adalah pretest-posttest-control group design. Bedasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1) konseling behavioral strategi self management berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa ( > ); (2) konseling behavioral teknik penguatan positif berpengaruh terhadap kecerdasan emosional ( > ); (3) terdapat efektivitas konseling behavioral dengan strategi self management dan teknik penguatan positif terhadap kecerdasan emosional siswa H > X2kw (α) (k-1) (9,63>5,591). Sehingga terdapat efektivitas konseling behavioral teknik self management dan penguatan positif terhadap kecerdasan emosional siswa kelas X BB SMA Negeri 4 Singaraja Kata Kunci : Behavioral, Self Management, Penguatan Positif, Kecerdasan Emosional This study was an experimental study in order to determine: (1) Whether there are significant behavioral counseling with the strategy of self-management of the emotional intelligence of students of class X BB SMA N 4 Singaraja (2) Whether there are significant behavioral counseling with strengthening techniques positively to emotional intelligence graders BB X SMA N 4 Singaraja, (3 What is the effectiveness of behavioral counseling with self-management strategies and positive reinforcement techniques to emotional intelligence class X SMA N 4 BB Singaraja. the study population was the class X SMA N 4 Singaraja B Academic Year 2015/2016 . the process of collecting data in this study using observation sheets and questionnaires emotional intelligence. the data analysis method used is the test of Kruskal and t-Burney. the design of this study was pretest-posttest-control group design. Based on the results of the analysis, it was found that (1 ) behavioral counseling self-management techniques affect the emotional intelligence of students (>); (2) behavioral counseling techniques of positive reinforcement effect on emotional intelligence (>); (3) there is the effectiveness of behavioral counseling with self-management strategies and positive reinforcement techniques to emotional intelligence of students H> X2kw (α) (k-1) (9.63> 5.591). So there is the effectiveness of behavioral counseling self-management techniques and positive reinforcement to emotional intelligence class X BB SMAN 4 Singaraja keyword : Behavioral, Self Management, Positive Reinforcement, Emotional Intelligence

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...