Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling

PERBEDAAN PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DAN SHAPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ENDURANCE SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SINGARAJA

., Putu Yunia Nopiyanti (Unknown)
., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd (Unknown)
., Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan self endurance antara siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik token economy dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik token economy pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja, (2) Untuk mengetahui perbedaan self endurance antara siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik shaping dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik shaping pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja, (3) perbedaan self endurance antara siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik token economy dengan siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik shaping pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen I, X BHS sebagai kelompok eksperimen II dan X BHS 4 sebagai kelompok kontrol. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, buku harian dan kuesioner self endurance. Metode analisis data yang digunakan adalah Independent sampel t-test dan dibantu dengan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen I yang ditreatmen dengan konseling behavioral teknik token economy didapatkan thitung 19,156> ttabel 2,31. Kelompok eksperimen II yang ditreatmen dengan konseling behavioral teknik shaping didapatkan thitung 10,835> ttabel 2,31. Treatmen konseling behavioral teknik token economy dan teknik shaping didapatkan thitung 3,139> ttabel 2,31. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral teknik token economy dan teknik shaping berpengaruh terhadap self endurance siswa kelas X SMA Negeri 3 Singaraja. Kata Kunci : konseling behavioral,teknik token economy,shaping, self endurance This study aims to determine: (1) differences in self endurance between students who receive treatment behavioral counseling techniques token economy with students who do not get treatment behavioral counseling techniques token economy in class X SMA Negeri 3 Singaraja, (2) To determine differences in self endurance among students who received treatment of behavioral counseling techniques shaping with students who do not get treatment behavioral counseling techniques shaping in class X SMA Negeri 3 Singaraja, (3) to know the difference self endurance between students who receive treatment behavioral counseling techniques token economy with students who get treatment of behavioral counseling shaping techniques in class X SMA Negeri 3 Singaraja. Samples were students of class X MIPA 1 as an experimental group I, X BHS 3 as an experimental group II and X BHS 4 as the control group. The process of collecting data in this study using observation, interviews, diaries and questionnaires self endurance. Data analysis method used is Independent samples t-test and assisted with SPSS 16.0. The results of this study is the first experimental group ditreatmen with behavioral counseling techniques thitung token economy gained 19.156> ttabel 2.31. The experimental group II ditreatmen with behavioral counseling shaping techniques obtained thitung 10.835> ttabel 2.31. Treatments behavioral counseling techniques token economy and shaping techniques obtained thitung 3.139> 2.31 ttabel. From these results, it can be concluded that behavioral counseling techniques token economy and shaping techniques affect the self endurance class X SMA Negeri 3 Singaraja. keyword : behavioral counseling techniques token economy ,shaping, self endurance

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...