Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Vol 11, No 2 (2019)

Faktor-Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019

Suarmawan, Kadek Ari (Unknown)
Meitriana, Made Ary (Unknown)
Haris, Iyus Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019, dan faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singaraja dengan jumlah responden sebanyak 183 orang. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Product and Sevvice Solutions (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sepuluh faktor yang mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019, yaitu faktor cara mendidik, hubungan antar anggota keluarga, ekonomi keluarga, keadaan gedung sekolah, metode mengajar, metode belajar, alat penunjang pelajaran, kegiatan siswa dalam masyarakat, pengaruh dari pergaulan, media masa. Faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 adalah faktor cara mendidik yang memiliki variance explained tertinggi yaitu sebesar 27,577%, artinya bahwa faktor cara mendidik mampu menjelaskan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 sebesar 27,577%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). ...