Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020

ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TIPE HOTS PADA KOMPETENSI SISTEM REM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Warju, Warju (Unknown)
Ariyanto, Sudirman Rizki (Unknown)
Soeryanto, Soeryanto (Unknown)
Trisna, Rio Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari soal tipe HOTS pada kompetensi sistem rem melalui pelaksanaan analisis butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 1 di SMKN 1 Labang Bangkalan sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi soal pilihan ganda tipe HOTS, kunci jawaban, dan lembar jawaban hasil pekerjaan siswa, yang kemudian dianalisis validitas, reliabilitas tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh menggunakan bantuan software Anates V4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 50 soal pilihan ganda terdapat 80%soal yang masuk dalam kategori valid, sedangkan 20% soal masuk pada kategori tidak valid. Kemudian untuk reliabilitas mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,917. Sementara itu soal yang masuk kategori mudah, sedang, dan sukar pada indeks tingkat kesukaran masing-masing sebesar 38%, 46%, dan 16%. Kemudian soal yang masuk kategori baik sekali, baik, cukup, buruk, dan tidak baik pada indeks daya beda masing-masing sebesar 10%, 42%, 28%, 6%, dan 14%. Selanjutnya pada indeks pengecoh soal yang masuk kriteria sangat baik, baik, kurang baik, buruk, dan sangat buruk masing-masing sebesar 28%, 29%, 19%, 17%, dan 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal tipe HOTS pada kompetensi sistem rem layak digunakan sebagai alat penilai kompetensi siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...