Latar Belakang: Mutu pelayanan ditujukan untuk memuaskanpelanggan atau masyarakat yang dapat dinilai melalui tingkat kepuasanpelanggan. Kepuasan yang tinggi atau kesenangan yang meningkatcenderung berdampak langsung pada tingkah laku dan sikap pelanggan.Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien rawat inapterhadap mutu pelayanan BPJS di RSUD Sultan Syarif Mohamad AlkadriePontianak. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian analitikobservasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampeldengan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 67orang responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner.Analsis statistic yang digunakan adalah uji Fisher. Hasil: Hasil uji Fishermenunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara tangible(p=0,015), reability (p=0,015), responsiveness (p=0,030), assurance(p=0,030), dan emphaty (p=0,030) terhadap tingkat kepuasan pasienrawat inap. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kepuasanterhadap mutu pelayanan BPJS Kesehatan pada pasien rawat inap diRSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak.Kata Kunci: Mutu Pelayanan, BPJS, tingkat kepuasan
Copyrights © 2019