Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kemudahan, Keamanan dan Kelompok Referensi Terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Pesan Instan WhatsApp dengan studi perbandingan Mahasiswa dan Non-mahasiswa di Kota Pontianak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Asosiatif berupa penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Pontianak yang berstatus mahasiswa di perguruan tinggi di Kota Pontianak dan Non-Mahasiswa yang telah memakai Aplikasi Pesan Instan WhatsApp minimal 3 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang yang terbagi antara 75 responden untuk Mahasiwa dan 75 responden untuk Non-Mahasiswa. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pengguna pada responden Mahasiswa, sedangkan pada responden Non-Mahasiswa Kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pengguna. Keamanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pengguna pada responden Mahasiswa dan Non-mahasiswa. Kelompok Referensi berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pengguna pada responden mahasiswa dan Non-mahasiwa.Kata Kunci : Kemudahan, Keamanan, Kelompok Referensi, Loyalitas PenggunaDAFTAR PUSTAKAAbdurrahman, Adi Sukma. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Depok: Universitas Gunadarma. Skripsi.Amijaya, Gilang Rizky. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi, Kemudahan Resiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi pada Universitas Diponegoro. Semarang: Universitas Diponegoro. Skripsi.Blackwell, Miniard, Engel. 2001. Consumer Behavior, 9th Edition. Ohio: South Western.Christoper Lovelock & Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, IndonesiaDavis, F.D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance of Information System Techanology. MIS Quarterly. Vol.13 (3). 319-339.Data Pengguna Media Sosial di Indonesia. Diakses dari: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/Abdilla, Fanida dan Achmad Zaini. (2018). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Reference Group Terhadap Brand Loyalty Aplikasi Pesan Instan Line (Studi Pada Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis 4 (1).Ghozali,Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik. Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.Howard, John D.  (1997). An Analysis of security incidents on the Internet, Software Engineering InstituteTugiso, Ilham, Andi Tri Haryono, dan Maria M. Minarsih. (2016). “Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Interveningâ€. Journal Of Management, 2 (2).Jogiyanto. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah dan Pengalaman- pengalaman. Yogyakarta: BPFE.Jogiyanto. 2007. “Sistem Informasi Keperilakuanâ€. Yogyakarta: ANDI.Sudarti, Ken dan Iva Atika (2012) “Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Dan Service Recoveryâ€. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE).Prabaningtyas, Kharisma Ayu dan Anik Lestari Andjarwati (2014) “Pengaruh Kualitas Layanan, E-Factor Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Mediasi Kepuasan Pelangganâ€. Jurnal Ilmu Manajemen. 2 (3).Kotler, Phillip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 2, Indeks, New Jersey.Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Indeks, Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2, Indeks, Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2, Indeks, Jakarta: Erlangga.Oliver, Richard L. (1992). “Whence Consumer Loyalty?â€. Journal of Marketing, 63 (Special Issue), 33–44.Park, E.J., Kim, E.Y.,and Forney, J. C. 2006. A structural model of fashion-oriented impulse buying behavior, Journal of Fashion Marketing and Management, Vol. 10 No. 4, pp. 433-446.Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: ANDIRaharjo, Sahid. (2013). “Belajar Praktek Analisis Multivariate dengan SPSSâ€. Klaten: E-book di download dari http://www.konsistensi.com.Raman, Arasu, and Viswanathan A. 2011. Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on: Wireless Information Networks & Business Information System, hal.54-60.Sanusi, Anwar. (2011). “Metodologi Penelitian Bisnisâ€. Malang: Salemba Empat.Siregar, Syofian. (2012). “Metode Penelitian Kuantitatifâ€. Jakarta: Kencana.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV.Solimun., Fernandes, A. A. R., Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat: Pemodelan Persamaan Struktural (SEM). Malang: UB Press.Tjiptono,F & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi, edisi ke-1, Yogyakarta: CV Andi Offset.Tudor, Keith R. & Carley, Susan S. (1998). Reference Group Theory Revisited. Journal International.Ujang Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.Umar, Husein. 2003. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: ANDI.WhatsApp Massenger. Diakses  dari https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp.Winda Oktaviani. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Pelanggan, Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 2 (1).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020