Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

MODEL KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

Muhammad Yassir (Universitas Syiah Kuala)
M. Ali Sarong (Universitas Syiah Kuala)
Cut Nurmaliah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dengan desain Pretest-Post-test Control Group. Sampel yang digunakan adalah kelompok eksperimen kelas VII-3 dan kelompok kontrol kelasĀ  VII-4. Populasi adalah siswa MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan pretes dan postes dan dianalasisi dengan analisis data gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas experimen adalah kategori rendah 30% dan sedang 70 %, sedangkan pada pembelajaran konvensional adalah kategoriĀ  rendah 57%, sedang 42%. Kesimpulan penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and ...