Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA PERKULIAHAN ANATOMI TUMBUHAN

Siska Murti (Syiah Kuala University)
Muhibbuddin Muhibbuddin (Universitas Syiah Kuala)
Cut Nurmaliah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Pembelajaran berbasis praktikum merupakan metode yang dapat membantu mahasiswa menemukan fakta dari teori yang dipelajarinya pada perkuliahan anatomi tumbuhan, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan kognitif dan psikomotorik yang handal dalam membedakan struktur bagian dalam tumbuhan melalui pengamatan dengan mikroskop. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juni sampai dengan September 2013 di STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik mahasiswa, kemampuan dosen membimbing dan melaksanakan pembelajaran, tanggapan mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada perkuliahan anatomi tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian kontrol grup pretes dan postes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan kognitif, lembar observasi mahasiswa dan dosen serta angket. Data kemampuan kognitif dianalisis dengan menggunakan  uji t. Data peningkatan kemampuan psikomotorik, kemampuan dosen dan tanggapan mahasiswa dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil uji statistik untuk kemampuan kognitif menunjukkan nilai t-hitung 6,2, maka t-hitung dari t-tabel 1,6. Kemampuan psikimotorik mahasiswa kelas eksperimen sebelum pembelajaran adalah 3,3% dan setelah pembelajaran 53,3%. Kemampuan dosen dalam membimbing dan melaksanakan kegiatan praktikum adalah 100%. Penerapan pembelajaran memperoleh tanggapan yaitu 58% mahasiswa sangat setuju dengan pembelajaran berbasis praktikum. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik mahasiswa, kemampuan dosen dalam membimbing dan melaksanakan kegiatan praktikum sangat baik. Penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada perkuliahan anatomi tumbuhan mendapat tanggapan positif.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and ...