Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

HUBUNGAN PERSEPSI GURU DENGAN TINDAKAN SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 2 INDRAJAYA

M. Jakfar (Universitas Syiah Kuala)
Abdullah Abdullah (Universitas Syiah Kuala)
M. Ali Sarong (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi guru dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie, dilakukan pada bulan Maret - April 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie yang berjumlah 41 orang dan seluruh siswa kelas VIII dan IX yang berjumlah 416 orang, sampel untuk siswa dalam penelitian ini diambil 10% yaitu 41 orang siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru (x) mempunyai hubungan yang positif dengan tindakan siswa (y) dengan koefisien korelasinya (r) = 0,3378 dan thitung = 2,241 ttabel = 1,686 pada taraf signifikansi α = 0,05.  Kesimpulan adalah bahwa persepsi guru terdapat hubungan positif dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Dengan demikian perlu perhatian untuk meningkatkan persepsi guru dalam pengelolaan lingkungan hidup dan perlu didukung oleh adanya sarana dan prasarana yang lebih baik dan lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan khususnya dengan hal yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan sekolah

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and ...