Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMA merupakan salah satu masalah utama dalam pendidikan matematika. Untuk itu perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran matematika yang tepat dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Adapun tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang diajarkan dengan Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini eksperimen dengan dua kelompok sampel serta menggunakan pretest dan postest. Kelompok eksprimen memperoleh perlakuan berupa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X1sebagai kelas eksperimen, dan kelas X2sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes bentuk uraian utuk mengukur peningkatan kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh yaitu peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2019