Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9, No 1 (2020)

PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

HARIS SETIAWAN, ANDRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Abstrak Tujuan utama dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design dengan jenis penelitian quasi eksperimental design menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data penelitian hasil belajar berupa hasil pre-test dan post-test yang dianalisa secara kuantitatif mengunakan Uji T dan N-gain. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar pada siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode pictorial riddle mengalami peningkatan yang signifikan dan mendapatkan nilai n-gain pada intrepetasi sedang dengan skor 0,66. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberikan metode pictorial riddle dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan metode pembelajaran pictorial riddle. Sedangkan untuk respon peserta didik didapatkan respon yang sangat positif dengan presentase 98%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran pictorial riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Pictorial Riddle.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...