Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9, No 1 (2020)

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN ETR-SW20 PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

LAILA KURNIAWATI, EKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan Perangkat Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan ETR-SW20 (Eka Tangki Riak-Speaker Woofer 2020) Pada Materi Gelombang Mekanik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains ditinjau pada hasil validasi oleh ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan diantaranya RPP, LKPD, Buku ajar, dan Lembar Penilaian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kevalidan dari perangkat. Dari hasil penilaian dinyatakan bahwa perangkat yang dikembangkan valid digunakan sebagai bahan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan ETR-SW20 (Eka Tangki Riak-Speaker Woofer 2020) Pada Materi Gelombang Mekanik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains valid digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek validitas. Kevalidan berdasarkan hasil validitas oleh ahli meliputi kevalidan silabus 88%, RPP 84%, buku ajar 80%, LKPD 85% dan lembar penilaian 83%. Kata Kunci: Validitas, Perangkat Pembelajaran, KPS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...