VA
Vol 8, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MENGGAMBAR MODEL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WONOAYU

PARAMITA, RAJENDRADEWI (Unknown)
, MARTADI (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah media pembelajaran yang ada di sekolah, sehingga peneliti membantu mengembangkan media pembelajaran menggambar model guru seni budaya kelas VIII di SMP Negeri 1 Wonoayu. Penggunaan media pembelajaran dinilai kurang variatif , Guru menggunakan media pembelajaran pendukung seperti media presentasi yang berisi materi gambar model, tetapi berisi tulisan yang banyak. Sehingga pembelajaran kurang maksimal, bosan, dan minat dalam menggambar model kurang. Selain itu guru juga menggunakan media gambar yang diambil dari internet sebagai media pembelajaran menampilkan bentuk foto sehingga tujuan menggambar model tidak sesuai. Sehingga memerlukan penambahan media pembelajaran audio visual agar peserta didik tertarik dengan pelajaran menggambar model, dan meningkatkan hasil belajar mereka. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, mengetahui kualitas hasil pengembangan, dan mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran audio visual menggambar model. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yaitu R&D atau Research and Developmet, dengan metode 4D oleh Thiagarajan yaitu Define, Design , Develop, and Disseminate. Teknik analisis yang digunakan adalah penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dengan kualitatif, serta untuk menguji kelayakan produk tertentu digunakan metode kuantitatif. Pada tahap uji kelayakan produk dilakukan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Juga perolehan data akan dianalisis secara kualitatif. Hasil dari uji validasi ahli materi kedua dan mendapat persentase 90%. Untuk uji validasi ahli media pertama, peneliti mendapatkan persentase 80%. Hasil uji coba terbatas menghasilkan persentase Kelayakan media pembelajaran audio visual menggambar model pada mata pelajaran seni budaya dapat dikatakan ?layak?. Hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi respon siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Untuk hasil respon siswa dikatakan ?positif?yaitu 76,2% , untuk hasil aktivitas siswa dinilai ?sangat tampak? yaitu 89,2%, dan hasil belajar siswa yaitu sangat tuntas dengan persentase 85,94%.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Menggambar Model.

Copyrights © 2020