Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 2 (2019): Historical Learning

Peranan Buya Hamka dalam Gerakan Pembaharuan Muhammadiyah Tahun 1925-1966

Tendy Choerul Kamal (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Mulyana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai peranan seorang tokoh pembaharuan Islam Indonesia yaitu Buya Hamka di Muhammadiyah dalam rentan waktu tahun 1925 hingga 1966. Ketertarikan peneliti mengambil permasalahan ini karena ketika Muhammadiyah mengalami berbagai masalah, Buya Hamka hadir dengan segala upayanya agar Muhammadiyah tidak mengalami kemunduran. Begitu besar peranannya di Muhammadiyah, sehingga diantara keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain bahkan nama Buya Hamka dijadikan nama salah satu universitas di Jakarta. Lalu keteguhannya dalam berprinsip layak dijadikan contoh bagi kita sebagai penerus bangsa. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana peranan Buya Hamka di Muhammadiyah tahun 1925-1966. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengan melakukan empat tahap peneltian yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi, serta  teknik pengumpulan datanya menggunakan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, berbagai upaya dilakukan oleh Buya Hamka dalam mengembangkan Muhammadiyah diantaranya mendirikan serta menjadi pengajar di Kulliyatul Muballighin, tergabung dalam sebuah tim yang menentukan bagaimana status Muhammadiyah dalam Masyumi, menjadi anggota tim penyusunan Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, dan ikut menyusun Kepribadian Muhammadiyah yang menjadi pegangan anggota Muhammadiyah yang ingin terjun kedalam dunia politik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

factum

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Factum: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah promotes research in the broad field of history and Education with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from historian, educator, teacher, senior researchers, ...