Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL DIKAJI DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Rosalia Deviana Cahyaningrum (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Widyastuti Widyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2015

Abstract

This quasi experimental research aimed to know the effectiveness of Socrates Contextual Learning viewed by students mathematical critical thinking ability. The research design which was used was one-group pretest-posttest. The population of this research was all of students of grade VII of SMP Negeri 8 Bandarlampung in academic year of 2014/2015. The sample of this research was students of VII J class that was chosen by purposive sampling technique. The data of the research were collected by students mathematical critical thinking ability test which was analyzed by the right side of paired sample t-test and proportion test. Based on the result of the research, it was concluded that Socrates Contextual Learning was not effective viewed by students mathematical critical thinking ability.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Pembelajaran Socrates Kontekstual dikaji dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII J yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dianalisis menggunakan paired sample t-test pihak kanan dan uji proporsi pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Socrates Kontekstual tidak efektif dikaji dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa.Kata kunci: berpikir kritis matematis, kontekstual, Socrates

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...