This research aimed to know the development of the concept understanding ability of learners in learning which was facilitated by student activity sheets (LKPD) with guided inquiry. This research was qualitative deskriptive study. The subjects of this study were the students of class VII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur in Academic Year 2017/2018. Research data were obtained through observation of LKPD workmanship and test of concept understanding ability. The results showed that understanding of learners' concept from every meeting which was facilitated by LKPD with guided inquiry Experienced had a positive development. In addition, the achievement of the concept comprehension test resultshowed the maximum result with an average of 80,18%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran yang difasilitasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan hasil pengerjaan LKPD dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik dari setiap pertemuan yang difasilitasi LKPD dengan inkuiri terbimbing mengalami perkembangan yang positif. Selain itu, pencapaian hasil tes kemampuan pemahaman konsep menunjukkan hasil yang maksimal dengan rata-rata 80,18%.Kata kunci: inkuiri terbimbing, lkpd, pemahaman konsep.
Copyrights © 2017