Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Helda Guspiani (Unknown)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2013

Abstract

This quasi experimental study aimed to analyze the effect of the implementation of cooperative learning model of think pair share type towards student’s conceptual understanding of mathematics. The population in this study was all grade eight students in second semester of SMP Negeri 1 Terbanggi Besar in academic year 2012/2013 as many as 210 students that distributed into 6 classes. The sampling in this study used purposive sampling technique so it obtained 2 classes that were VIIIB and VIIIC. The design used in this study was posttest only design. Based on the analysis of data, it found that the student’s conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of think pair share type was better than student’s conceptual understanding of mathematics by conventional learning. Thus, it could be concluded that there was an influence of cooperative learning model of think pair share type towards student’s conceptual understanding of mathematics.Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk me­nganalisis pengaruh penerapan model pem­belajar­an kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 210 siswa yang terdistribusi dalam 6 kelas.  Pengambilan sampel dalam penelitian ini meng­gunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu VIIIB dan VIIIC.  Desain yang diguna­kan dalam penelitian ini adalah post-test only design.  Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pemahaman konsep ma­tematis siswa yang memperoleh pembelajaran koope­ra­tif tipe think pair share lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensio­nal. Dengan demikian, dapat disimpul­kan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share ter­hadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: pemahaman konsep mate­ma­tis, pengaruh, think pair share 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...