Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 3, No 6 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

ANALISIS DESKRIPTIF SELF-EFFICACY BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL

Agus Sugiarto (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Widyastuti Widyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2015

Abstract

This descriptive qualitative research aimed to describe the students mathematical critical thinking self-efficacy in Socrates Contextual Learning. The subject of this research was students of VII-D class of SMPN 22 Bandarlampung in even semester, academic year of 2014/2015 who appeared indicators of mathematical critical thinking self-efficacy. The data of this research were obtained by observation recording, mathematical critical thinking self-efficacy scale, and interview. The interview in this research aimed to get deeper informations about students mathematical critical thinking self-efficacy. The analysis of data used three stages, that were reducting, displaying, and getting conclusion of data. Based on the analysis of data, it was concluded that students mathematical critical thinking self-efficacy which appeared dominantly in Socrates Contextual Learning was indicators on magnitude/level dimension.Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan self-efficacy berpikir kritis matematis siswa dalam Pembelajaran Socrates Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 22 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang memunculkan indikator self-efficacy berpikir kritis matematis. Data penelitian ini diperoleh melalui catatan lapangan, skala self-efficacy berpikir kritis matematis, dan wawancara. Wawancara dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam mengenai self-efficacy berpikir kritis matematis siswa. Analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa self-efficacy berpikir kritis matematis siswa yang dominan muncul dalam Pembelajaran Socrates Kotekstual adalah indikator pada dimensi magnitude/level.Kata kunci: berpikir kritis matematis, self-efficacy, socrates kontekstual

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...