Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

ANALISIS DESKRIPTIF DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL

Titi Murniati (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Widyastuti Widyastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2015

Abstract

This naturalistic qualitative research aimed to describe students disposition of mathematical critical thinking in Contextual Socrates learning. The subject of this study were students of VII J class of SMPN 8 Bandarlampung in academic years of 2014/2015 which was obtained by purposive sampling technique. The data of this study was qualitative data about students' mathematical critical thinking disposition which were obtained by observation recording, documentation, and interviews. Before analysing the data, the researcher did the triangulation of data sources. Analysis of the data of this study used four stages, that were coding, reducting, and displaying of data, then getting the conclusion. Based on this study, it was concluded that the mathematical critical thinking disposition indicators which appeared dominantly in Socrates Contextual learning were curiousity and analyticality.Penelitian kualitatif naturalistik ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa pada Pembelajaran Socrates Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII J SMPN 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Sebelum menganalisis data, peneliti melakukan triangulasi sumber data. Analisis data penelitian ini menggunakan 4 tahap, yaitu memberi kode, mereduksi, dan menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa indikator disposisi berpikir kritis matematis yang dominan muncul pada Pembelajaran Socrates Kontekstual adalah rasa ingin tahu dan analitis.Kata kunci: berpikir kritis matematis, disposisi, Socrates Kontekstual

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...