Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 1, No 9 (2013): Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Mira Anjarsari (Unknown)
Gimin Suyadi (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2013

Abstract

Numbered Head Together (NHT) is a learning model that consists of four stages, namely numbering, asking questions, thinking together, and giving answers. NHT engages students actively and responsibly in understanding the subject material indivi­dually or groups.This quasi experimental research’s purpose was to find the effectiveness of cooperative learning model of NHT type viewed by comprehension of mathematical concepts of students. Population was all students of 8th grade of SMPN 8 Bandar Lampung. Through purposive sampling technique was obtained students of VIII-D as the control class and VIII-E as the experiment class. The research data was obtained by the comprehension of mathematical concepts test. Based on the analysis using t test, it can be concluded that the cooperative learning model of NHT type is effective viewed by comprehension of mathematical concepts of student of 8th grade of SMPN 8 Bandar Lampung in academic year 2012/2013.Pembelajaran kooperatif tipe  NHT merupakan model pembelajaran secara berkelompok yang terdiri dari 4 tahapan yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, dan pemberian jawaban. NHT melibatkan siswa secara aktif dan bertanggung jawab dalam memahami materi pelajaran baik secara individu maupun kelompok. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik  purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data  menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: efektivitas, NHT, pemahaman konsep matematis

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...