Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Rini Maya Sofa (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2014

Abstract

This quasi experimental research was aimed to know the influence of instrumental music at learning towards student’s conceptual understanding of mathematics.  The design of this research was post test only control group design. The population was all students of grade 7th of  SMP Negeri 12 Bandarlampung in the academic year of 2012–2013 that was distributted into eight classes. The samples consisted of two student groups. Group of students of VII.D class as experimental class and VII.H as control class. The samples were chosen by purposive random sampling technique. The data was analyzed by Mann-Whitney Test (U-test). The conclusion of this research was the implementation of instrumental music as accompanist of mathematics learning did not give influence towards student’s conceptual understanding of mathematics.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan musik instrumental dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian ini adalah post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun ajaran 2012–2013 yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel terdiri dari dua kelompok siswa. Kelompok siswa kelas VII.D sebagai kelas eksperimen dan VII.H sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian berupa data pemahaman kon-sep matematika siswa yang diambil melalui tes. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Mann-Whitney (Uji U).  Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan musik instrumental sebagai pengiring pembelajaran matematika tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci: musik instrumental, pemahaman konsep matematika, pembelajaran konvensional

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...