Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Heizlan Muhammad (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)
Rini Asnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2016

Abstract

This research was a quasi experimental research with one group pretest-posttest design. This research was aimed to find out the effectiveness of Socrates contextual learning viewed by students understanding of mathematical concept. The population of this research was all grade seventh students of Junior High School 20 Bandarlampung in academic year of 2015/2016. The sampling technique which was used was purposive sampling. Based on the data analysis, it could be concluded that Socrates contextual learning was effective viewed by students understanding of mathematical concept. However, it was not effective viewed by proportion of students who have good understanding of mathematical concept.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Socrates kontekstual ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran Socrates kontekstual efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa. Namun, tidak efektif ditinjau dari proporsi siswa yang memiliki pemahaman konsep baik.Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, Socrates kontekstual

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...