Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 4 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Efektivitas Model Inquiry Based Learning ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis Siswa

Meyronita Firja Mks (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)
Tina Yunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2017

Abstract

This quasi experimen research aimed to find out the effectiveness of Inquiry Based Learning model in terms of student's critical thinking skills. The population of this study is all students of class VIII SMPN 23 Bandar Lampung academic year 2016/2017. The samples of this research were students of VIII-C and VIII-E classes which were chosen by purposive random sampling. Instruments used in research is test instruments. This research used pretest-posttest control group design. Analysis data of this research using t-test. Based on the result of this research, it was concluded that the implementation model of Inquiry based Learning wasnt effective in terms of students critical thinking skill but it was better than conventional learning.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Inquiry Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 23 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-E yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model Inquiry based Learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa tetapi lebih baik dibandingkan dengan pem-belajaran konvensional.Kata kunci: Efektivitas, Inquiry Based Learning, Kemampuaan Berpikir Kritis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...