Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 3 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING

Wahyu Sukesi (Unknown)
Arnelis Djalil (Unknown)
Nurhanurawati Nurhanurawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2014

Abstract

This research aimed to know the increasing of student’s mathematical creative thinking skill which was taught by problem posing learning model  compared to the conventional learning. The design of this research was pretest posttest control group design. The research population was all students of grade 11th of IPS of SMAN 1 Sumberejo in academic year of 2013/2014 who were distributed into three classes. The sampling was done by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical creative thinking skill. This research concluded that the increasing of student’s mathematical creative thinking skill which was taught by problem posing learning model was higher than the increasing of student’s mathematical creative thinking skill which was taught by conventional learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing dibandingkan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sumberejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berfikir kreatif matematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing lebih tinggi dari peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.Kata kunci: berfikir kreatif matematis, konvensional, problem posing

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...