Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematikintegratifberbasis sosiokultural dengan tema indahnya kebersamaan yang layak danefektif bagi peserta didik kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian iniadalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Tahap penelitianpengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telahdielaborasi oleh Sukmadinata menjadi tiga kelompok, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2)pengembangan, dan (3) pengujian dan sosialisasi. Subjek uji pendahuluan adalah tigaorang validator ahli dan satu orang validator praktisi. Subjek uji utama adalah pesertadidik kelas IV B SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 peserta didik. Hasilpenelitian pada uji terbatas adalah produk silabus, RPP, media pembelajaran, bahan ajar,dan tes hasil belajar menurut validator ahli dan validator praktisi adalah layak untukdigunakan, dibuktikan dengan rerata skor Aiken's V untuk masing-masing perangkatpembelajaran yang mendekati 1, Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen beforeafterdengan data hasil pre-test dan post-test menunjukkan perbedaan yang signifikan.Signifikansi yang dihasilkan dari perhitungan SPSS menunjukkan angka 0,0001 ≤ 0,05.Kegiatan guru sebelum dan ketika menggunakan perangkat yang dikembangkanmengalami peningkatan sebesar 34,26%. Kegiatan peserta didik sebelum dan ketikaditerapkan perangkat yang dikembangkan mengalami peningkatan sebesar 38,89%
Copyrights © 2015