MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN
No 1 (2005): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Mei 2005

PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN EVALUASI PENDIDIKAN DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNY

Prasetyo, Eko Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembetajatal] . ·.melalui evaluasi berbasis portofolio pada--mata kuliah Evaluasf :• · ·Pendidikan. Hal ini berkaitan dengan masalah yang ada yakni ·masih cenderung teacher oriented, sehingga mahasiswa belumbelajar secara optimal memanfaatkan potensi dan sumber - sumberbelajar. Metode penelitian tindakan kelas yang diaplikasikan dalampenelitian ini diharapkan dapat menghasilkan informasi tentangbagaimana aksi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuantersebut. Penelitian ini dilakukan oleh tiga orang peneliti, seorangdiantaranya sekaligus sebagai pengajar. Adapun peserta matakuliah ini sebanyak 30 mahasiswa dan sebagian besar merekaadalah mahasiswa semester tiga. Berdasarkan analisis data clanpembahasannya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:Penerapan evaluasi portofolio dapat meningkatkan kualitaspembelajaran.Peningkatan tersebut tampak pada peningkatanprestasi belajar, kreativitas, ketekunan, kemandirian, daya kritisserta percaya diri/penghargaan diri yang positif terhadapkemampuan masing-masing mahasiswa. Karya-karya mahasiswasekaligus menjadi bahan acuan perkuliahan yang bersifat mutahirdan relevan dengan konteks permasalahan yang ada. Di samping ·itu mahasiswa perlu mendapatkan kejelasan dan kebermanfaatantugas belajar yang dilakukan, dengan demikian mahasiswa akanmelakukan aktivitas belajar dengan penuh motivasi.

Copyrights © 2005