Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2008

Penerapan Destination Management System (DMS) dalam Pemasaran Pariwisata Bangka Belitung Berbasis TIK (Mengagas E-tourism Visit Babel Archipelago 2010)

Prakoso Bhairawa Putera (Unknown)
Chichi Shintia Laksani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2009

Abstract

Pariwisata sebagai sebuah industri memerlukan pengelolaan yang baik, diantaranya dengan DestinationManagement Sistem (DMS). Sejalan dengan pesatnya TIK, maka DMS memberikan ruang bagi penerapanpemasaran pariwisata di Bangka Belitung berbasis TIK. Adapun tujuannya untuk mendukung program VisitBabel Archipelago di tahun 2010. Makalah ini berupaya mengidentifikasi peluang penerapan DSM denganmeninjau empat unsur yakni TIK, pariwisata, bisnis, dan pemerintah. Setiap unsur tersebut memiliki peluanguntuk diterapkan. DMS dapat memberikan manfaat bagi pemasaran melalui laman (website) denganmemperhatikan tampilan laman, melengkapi sarana bahasa dan informasi, serta meningkatkan level interaksidalam berkomunikasi dengan pengunjung.Keywords: Destination Management Sistem (DMS), Pariwisata, TIK

Copyrights © 2008