Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2007

Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Marketing Pada PT. Alpha Cipta Computindo

Indrajani Indrajani (Unknown)
Winny Olivia (Unknown)
Megaria Megaria (Unknown)
Christina Christina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2009

Abstract

PT. Alpha Cipta Computindo (ACICO) adalah perusahaan penyedia perangkat keras dan perangkatlunak teknologi informasi di Indonesia. Saat ini strategi pemasaran PT. Alpha Cipta Computindo terbatas padakomunikasi tatap muka, telepon, faksimili, dan portfolio perusahaan. Metode-metode tersebut memilikikekurangan. E-marketing akan sangat tepat diterapkan untuk mengatasi masalah dalam pemasaran yangdihadapi oleh PT. Alpha Cipta Computindo. Tujuan penelitian ialah untuk menganalisis proses pemasaran,permasalahan dan kebutuhan informasi dalam merancang aplikasi e-marketing, dan merancang aplikasi emarketingyang ditujukan untuk meningkatkan pemasaran PT. Alpha Cipta Computindo. Metode penelitianterdiri dari metode pengumpulan data, studi pustaka, metode analisis dan metode perancangan. Metode analisisdilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, danmerancang pengalaman pelanggan. Metode perancangan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitumembangun hubungan antarmuka dengan pelanggan, merancang program pemasaran, meningkatkan informasipelanggan melalui teknologi, dan mengevaluasi program pemasaran. Dari penulisan ini dihasilkan aplikasi emarketingyang memiliki fasilitas-fasilitas seperti media pemasaran online, penyediaan katalog online, layanankomunikasi yang interaktif, sarana pelayanan pelanggan, dan pemesanan produk secara online untuk melayanikebutuhan pelanggan.Kata kunci: Analisis, Perancangan, Aplikasi E-Marketing

Copyrights © 2007