Jurnal IKA
Vol 11, No 2 (2013): September, 2013

PENGARUH GAYA MENGAJAR MASTERY LEARNING DAN INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENCAK SILAT DITINJAU DARI DAYA TAHAN CARDIOVASCULAR

Spyanawati, Ni Luh Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

PENGARUH GAYA MENGAJAR MASTERY LEARNING DAN INKLUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PENCAK SILAT DITINJAU DARI DAYA TAHAN CARDIOVASCULAR Oleh Ni Luh Putu Spyanawati Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha spyanawati@yahoo.co.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pencak silat siswa yang diajarkan dengan gaya mengajar mastery learning dan gaya mengajar inklusi. Adapun subyek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri I Susut yang mengikuti kegiatan ekstra kulikuler Pencak Silat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling (n=40). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Analisis data menggunakan uji Anava Dua Jalur. Jika terdapat perbedaan yang signifikan maka dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Adapun hasil yang didapat: (1) terdapat perbedaan hasil belajar pencak silat yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar melalui gaya mastery learning dengan kelompok siswa yang belajar melalui gaya inklusi (F=4,241; p<0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar pencak silat yang signifikan antara kelompok siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki daya tahan cardiovascular rendah (F=5,874; p<0,05), (3) terdapat pengaruh interaksi antara gaya mengajar dengan daya tahan cardiovascular terhadap hasil belajar pencal silat siswa (F=9,078; p<0,05), (4) rerata hasil belajar pencak silat siswa dengan daya tahan cardiovascular tinggi lebih baik melalui gaya mengajar mastery learning daripada melalui gaya mengajar inklusi, sedangkan siswa dengan daya tahan cardiovascular rendah lebih baik digunakan gaya mengajar inklusi maupun mastery learning dengan hasil yang sama rendah. Kata-kata Kunci: hasil belajar, pencak silat, mastery learning, inklusi, cardiovascular.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...