Jurnal IKA
Vol 16, No 1 (2018): Maret

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR IPA

Warta, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Banjar melalui penerapkan model pembelajaran kooperatif  STAD (Student Team Achievement Divison). Penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Rancangan tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 27 orang. Pada pembelajaran prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan 66,67% dan siswa yang tidak tuntas 33,33%. Data prestasi belajar IPA melalui tes prestasi belajar IPA pilihan ganda dan isian. Data prestasi belajar IPA dianalisis secara deskriptif dan dinarasikan secara kualitatif. Hasil penelitian pada siklus-1 adalah: (1) nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 90,00, (2) rata-rata kelas76,30, dan (3) siswa yang tuntas 81,48% (belum memenuhi ketuntasan klasikal ≥ 85% berdasarkan KKM 70,00. Hasil penelitian pada siklus-2: (1) nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 95,00, (2) rata-rata kelas77,78, dan (3) siswa yang tuntas 88,89% (memenuhi ketuntasan klasikal ≥ 85% berdasarkan KKM 70,00).  Berdasarkan analisis hasil penelitian dari siklus-1 ke siklus-2 dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...