Jurnal IKA
Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TRI PRAMANA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX.1 SMPN 4 TEJAKULA

Sekar, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX.1 SMPN 4 Tejakula melalui penerapan model pembelajaran berbasis Tri Pramana dengan pendekatan realistik. Penelitian ini juga mendeskripsikan dan menganalisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Penyajian dirancang berdasarkan prinsif konstruktivis disertai LKS yang konstruktif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.1 SMP N 4 Tejakula semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Data prestasi belajar dijaring dengan tagihan PR dan tes prestasi akhir siklus. Data tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan diambil dari angket yang diberikan pada akhir tindakan. Hasil analisis data menunjukkan, 1) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari rata-rata awal 72,38 ketuntasan klasikal 57,50% menjadi rata-rata 79,95 ketuntasan klasikal 77,50% pada siklus I dan menjadi rata-rata 81,82 ketuntasan klasikal 90,00% pada siklus II. 2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan adalah dalam kategori sangat positif dengan rata-rata 41,08.Kata-kata kunci: Berbasis Tri Pramana, pendekatan realistik, prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

IKA

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...