Mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas tinggi dan memiliki keunggulan,merupakan modal menghadapi persaingan global. Hal ini merupakan tantangan dan lahan yangsangat menguntungkan bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). LPTK dapatmemberikan sumbangsih sebesar-besarnya bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesiamelalui pengelolaan pendidikan yang berorientasi pada kecakapan kerja sesuai denganperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta tuntutan kebutuhan lapangan kerja.Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu faktor yang harus diperhatikan yaitu kualitas tenagapendidik. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang merupakan lembaga penghasiltenaga pendidik (guru) di Indonesia, sangat berperan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusiadi Indonesia. LPTK mempunyai tanggung jawab menciptakan tenaga pendidik yang professionaluntuk mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia. Pendidik harus menguasai dan memenuhiketiga komponen trilogi profesi, yaitu komponen dasar keilmuan, komponen substansi profesi dankomponen praktik profesi.Kata Kunci: Peran LPTK, Pendidikan, Vokasi.
Copyrights © 2010