Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin, dalammengarahkan, mendorong, dan mengatur semua unsur-unsur didalam suatuorganisasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang akan dicapai, sehingga menghasilkankinerja pegawai yang maksimal. Untuk meraih tujuan tersebut harus di upayakanbagaimana cara seorang pemimpin dapat memberikan dorongan semangat kerjakepada karyawan, agar sasaran maupun tujuan yang di rencanakan secara bersamadapat mencapai target. Selain itu, pemimpin dapat memberikan promosi jabatanbagi karyawan yang berprestasi agar, terciptanya kepuasan kerja karyawan. Denganmemberikan kompensasi, karyawan akan memiliki kepuasan kerja maupun semangatkerja yang tinggi untuk mencapai suatu target. Kepuasan kerja adalah keadaanemosional karyawan di mana terjadi atau pun tidak terjadi titik temu antara nilaibalas jasa kerja karyawan dari perusahaan/organisasi dengan tingkat nilai balasjasa yang memang diinginkan oleh karyawan yang bersangkutan. Penelitian dilakukanpada PT. Lion Mentari Airlines . Dalam melakukan penelitian penulis menggunakanmetode analisa regresi berganda dan menggunakan koefisien determinasi uji F danuji T untuk melakukan pengujian hipotesis. Data yang dikumpulkan melalui kuesioneryang dibagikan kepada 50 responden karyawan PT. Lion Mentari Airlines. Dariketiga variabel independen yang diuji secara individual, tipe kepemimpinan yangpaling dominan dalam mempengaruhi kepuasan kerja karyawan adalah tipe pemimpinOtoriter (X2).
Copyrights © 2013